fbpx

5 Kesalahan Mencuci Sepatu yang Bisa Bikin Sepatu Kesayanganmu Cepat Rusak

Siapa disini yang punya sepatu satu rak penuh tapi yang dipake yang itu-itu aja? Sepatu adalah bagian dari outfit of the day semua orang, yang tentunya selain fungsi utamanya sebagai pelindung, juga bisa menunjang penampilan kita setiap harinya. Setiap orang pasti punya beberapa sepatu kesayangan karena dinilai paling nyaman, cocok, praktis, dan paling… buluk? Nah iya ini dia masalahnya, semakin sering digunakan, udah seharusnya sepatu kesayangan juga dikasih perawatan yang ekstra, supaya enggak gampang buluk dan makin panjang masa pakainya. Perawatan yang paling dasar yang biasa dilakukan yaitu, mencuci secara berkala.

Mencuci sepatu memang seperti perkara mudah, tapi sebenernya mencuci sepatu enggak boleh sembarangan, lho. Niat hati mau ngasih perawatan buat sepatu kesayangan, tapi malah ngebuat sepatu cepat rusak, jangan sampe ya. Nah kali ini Raundry bakal menjelaskan tentang kesalahan mencuci sepatu yang paling sering dilakukan dan karena udah lumrah, biasanya enggak disadari sama banyak orang. Yuk simak penjelasan 5 kesalahan mencuci sepatu yang bisa bikin sepatu kesayanganmu rusak dibawah ini :

  1. Mencuci Sepatu dengan Sikat Pakaian

    Kesalahan pertama ini pasti menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang, karena banyak yang tidak menyadari bahwa meskipun sama-sama terbuat dari kain atau bahkan terlihat lebih ‘kuat’, bahan sepatu tidak sama dengan bahan baju. Mencuci dengan menggunakan sikat pakaian yang tergolong kasar dapat merusak serta membuat warna sepatu kesayanganmu memudar. Apalagi dengan tujuan agar sepatu bersih paripurna, ditambah dengan gerakan menggosok yang keras akan menimbulkan goresan pada permukaan sepatu.

    Untuk menyikat sepatu sebaiknya menggunakan sikat khusus untuk mencuci sepatu, saat ini sudah mulai banyak diperjual belikan yang sudah pasti aman digunakan. Sebagai pengganti sikat khusus sepatu kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas, bulu sikat pada sikat gigi cenderung lebih halus, selain aman untuk material sepatumu, mencuci dengan sikat khusus sepatu atau sikat gigi bekas akan memberikan hasil yang lebih bersih karena bentuknya yang lebih kecil dapat menjangkau bagian-bagian terdalam sepatu. Tapi ingat, menggosoknya tetap jangan terlalu keras, ya!

  2. Tidak Melepas Tali Sepatu
    Melepas dan memasang kembali tali sepatu memang cukup menyusahkan, tapi mencuci sepatu tanpa melepaskan talinya merupakan kesalahan yang perlu kamu hindari. Hal tersebut membuat pencucian sapatu tidak maksimal karena bagian lidah sepatu dan bagian dalam tidak bisa di jangkau dan dibersihkan secara sempurna. Selain itu, tali sepatu yang masih terikat tidak bisa dibersikan menyeluruh, sehingga pada bagian tali sepatu yang tidak tersikat akan meninggalkan noda permanen, bahkan untuk waktu yang lama akan membuat serat tali cepat rusak dan rapuh. Tali sepatu jadi tidak tahan lama dan sepatu kesayangmu akan mudah rusak.
  3. Mencuci Sepatu dengan Detergen

    Pasti banyak yang enggak menyadari kalau mencuci sepatu dengan detergen juga merupakan kesalahan, bukan?  Detergen pakaian biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang cukup keras. Bahan yang keras ini enggak baik untuk bahan sepatu kamu, efeknya memang tidak langsung terlihat dalam satu kali pemakaian, tapi akibatnya lumayan fatal, lho. Akibat dari penggunaan detergen bisa membuat ujung sepatu kering, sol karet retak, membuat sepatu cepat melar dan mengakibatkan sol sepatu tidak rekat seperti sebelumnya karena ukuran yang berubah.

    Solusinya adalah mencuci sepatu dengan cairan pembersih khusus sepatu yang biasanya dijual di toko sepatu atau biasa dipakai oleh jasa pencuci sepatu. Teksturnya cair dan kandungannya pun lebih shoes-friendly, hal ini menjaga agar sepatumu tetap awet. Selain itu, cairan pembersih sepatu ini juga mampu menghilangkan aroma tak sedap di dalam sepatu.

  4. Mencuci Langsung dengan Mesin Cuci

    Mencuci sepatu langsung dengan menggunakan mesin cuci sangat tidak disarankan, karena akan membuat sepatumu berumur pendek atau tidak awet. Hal ini dikarenakan putaran mesin cuci akan membuat bahan sepatu mudah rusak, dan juga tidak disarankan untuk merendam sepatu terlalu lama dalam air sabun juga. 

    Mencuci sepatu dengan tangan adalah cara yang paling baik, karena selain menghindari hal yang disebutkan sebelumnya, mencuci sepatu dengan tangan juga dapat menjangkau bagian-bagian terdalam sepatu sehingga sepatu kesayanganmu akan bersih maksimal, dan lebih awet tentunya!

  5. Menjemur Di Bawah Sinar Matahari

    Poin terakhir pasti pernah atau malah merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh semua orang, karena memang terik matahari yang panas bikin sepatu yang baru dicuci jadi cepat kering. Tapi hal ini malah bisa merusak sepatu kesayanganmu, lho. Menjemurnya di bawah sinar matahari langsung bikin bahan dan sol sepatu sepatu akan kering mengeras, dan warna sepatu akan cepat pudar. Proses pencahayaan matahari juga akan mengoksidasi sepatu dan membuat sepatu menguning atau yellowing. What a nightmares, right

    Sebaiknya, hindari sinar matahari langsung, bisa dengan cara meletakkan di bawah atap transparan atau di tempat yang mendapatkan penerangan dari sinar matahari. Atau cukup diangin-anginkan di dalam ruangan. Memang waktu kering akan memakan waktu lebih lama, tetapi tidak akan merusak bahan sepatu kesayanganmu

Nah itu dia 5 kesalahan mencuci sepatu yang sudah lumrah dilakukan banyak orang, coba poin berapa aja yang pernah kamu lakukan? Mulai sekarang jangan lagi ya. Setelah dicuci dengan benar jangan lupa simpan sepatumu dengan baik. Panjang umur sepatu kesayangan!

Read More
admin 9 Oktober 2020 0 Comments
Rauna siap membantu!